Kembangkan Potensi Warga Binaan, Lapas Serang Dilatih Keterampilan Potong Rambut

By Zulfikar Rohim

SERANG Puluhan warga binaan Lapas Kelas IIA Serang mendapatkan tambahan keterampilan memangkas rambut atau barbershop di Gedung Bimbingan Kerja Lapas Kelas IIA Serang. Selasa (02/07)

Kegiatan yang dipandu instruktur dari DPC Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia Tiara Kusuma Kota Serang.

Kepala Lapas Kelas IIA Serang, Fajar Nur Cahyono menyebut bekal keterampilan barbershop akan sangat berguna bagi warga binaan ketika sudah bebas nanti.

“Jika mereka menekuni dengan sungguh-sungguh, maka akan menjadi sumber penghasilan bagi mereka ketika bebas nanti,” ujarnya

Kegiatan pembinaan dengan melibatkan pihak luar, kata Kalapas, sangat mendukung kegiatan pembinaan di Lapas Serang. Hal itu mampu menghadirkan bekal keterampilan yang beragam dan menjangkau seluruh warga binaan.

“Kami memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada DPC Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia Tiara Kusuma Kota Serang yang telah membantu memberikan pelatihan kepada warga binaan,” ucapnya.

Kalapas berharap, kerjasama dalam hal pembinaan dapat berlangsung secara berkelanjutan, sehingga bekal keterampilan yang diberikan kepada warga binaan benar-benar matang dan dapat membawa manfaat.

“Ke depannya kami akan terus berusaha untuk menghadirkan kursus yang lain melalui kerja sama dengan pihak eksternal,” ungkapnya.

Menurutnya, terdapat tiga pilar yang dapat menjadi indikator keberhasilan kegiatan pembinaan di Lapas, yaitu Warga Binaan, petugas dan pihak eksternal. Hal tersebut tentunya sesuai dengan komitmen Lapas Kelas IIA Serang dalam Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dengan memberikan pelayanan terbaik tak terkecuali Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Semoga keterampilan yang diberikan kepada warga binaan ini, bisa menjadi bekal nantinya ketika sudah bebas dan kembali terjun di tengah- tengah masyarakat,”pungkasnya.

(ZR)